Skip to main content

5 Tasik aneh dan unik

Air yang jernih mungkin sudah jadi panorama yang biasa. Tapi, 5 tasik/danau di berbagai belahan dunia ini, terhasil menghipnotis wisatawan dengan panorama aneh yang dimilikinya. Mulai dari yang bisa berubah warna, memiliki corak polkadot, sampai punya pulau-pulau yang bisa bergerak sendiri.
1. Tasik kembar 16 di Kroasia
Mungkin Anda sudah pernah mendengar tasik kembar tiga di Indonesia. Ternyata ada pula tasik kembar 16 yang terkenal dengan nama Plitvice Lakes. Ia yang berada di Plitvice Lakes National Park ini pun nampak aneh dengan bentuk yang saling berkaitan satu sama lain.

Seperti yang dilansir dari situs World Heritage Convention UNESCO, di lokasi ini ada 16 tasik yang saling terkait antara Gunung Mala Kapela dan Gunung Pljesevica. Tasik ini pun terbagi menjadi dua kelompok yaitu tasik di atas dan bawah. Posisinya pun berurutan mula dari ketinggian 636 m sampai 502 m.
Uniknya, Plitvice Lakes juga dihiasi dengan puluhan air terjun, dan tebing-tebing batu di sekelilingnya pun menjadi pemisah yang mempertegas keelokannya. Selain itu panorama di tasik  ini semakin pelik dengan perubahan warna air tasiknya.
Tasik yang masuk dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO ini, punya warna yang khas, mulai dari biru kehijauan sampai biru.
Di destinasi ini, orang boleh melihat tasik cantik dengan panorama unik yang berpadu dengan air terjun dan hutan. bole menikmati seluruh keanehan tasik ini dari dekat dengan melalui jambatan kayu yang ada di area Plitvice Lakes.

2. Tasik Linow, Tasik yang boleh berubah warna di Sulawesi Utara

Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara ada tasik dengan keindahan alam yang memukau. Satu yang membuat tasik ini  aneh adalah ketika airnya  berubah warna.

Warna air tasik Linow ini boleh berubah dengan sendirinya. Hal ini terjadi kerana tasik  ini mengandung kadar belerang yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, perubahan warna ini juga disebabkan oleh kadar cahaya matahari yang mengenai permukaan tasik
Oleh karena itu,tasik ini boleh menarik perhatian orang. Mereka  ingin melihat secara langsung perubahan warna yang terjadi pada tasik Linow. Sejauh mata memandang, tasik ini terlihat biru kemudian berubah menjadi hijau, atau menimbulkan perubahan warna yang sangat cantik.
Untuk masuk ke kawasan tasik Linow, traveler harus membayar tiket seharga Rp 25.000. Bila Anda sudah masuk , anda harus berhati-hati dengan kubangan lumpur panas yang ada di tepi tasik!
3. Tasik Milkshake Strawberry di Senegal

Kalau secara umum air Tasik  berwarna biru jernih, berbeza dgn tasik Lac Rose Retba. Ia berada di utara Semenanjung Cap Vert, Kota Dakar, Senegal ini, memiliki air berwarna merah muda seperti milkshake strawberry.

Peliknya,Airnya  tidak hanya berwarna pink ada kalanya  ini berwarna ungu, kemudian menjadi ungu muda sampai merah muda.  dengan tasik seluas 3 km persegi ini. Ternyata, warna  tasik Lac Rose Retba berasal dari mikroorganisme yang terkandung di dalamnya, merah.
Tasik Lac Rose Retba menghasilkan warna paling cantik yaitu merah jambu saat musim kemarau. Saat itu, mikroorganisme di dalam tasik menyerap, dan menggunakan cahaya Matahari untuk menghasilkan pigmen merah. Saat itulah  Lac Rose Retba berubah bagaikan kolam milkshake strawberry raksasa.
Keanehan  ini tak berhenti di situ saja. ia ternyata mirip laut mati yang ada di Yordania. Turis yang datang boleh berenang tanpa harus  mengayuh kaki dan tangannya, karena Anda boleh tarus mengapung di atas permukaannya.
Memang benar, Tasik Lac Rose Retba mengandung garam sekitar 40%. Kandungan ini satu setengah kali lebih tinggi dari garam yang ada di Laut Mati.

4. Tasik  polkadot di Kanada

Berada di Osoyoos, Kanada, tasik polkadot yang bernama Kliluk ini pun berhasil menyita perhatian wisatawan. Bagaimana tidak, permukaan tasik ini punya corak yang tak biasa, yaitu lingkaran-lingkaran seperti polkadot.

Lingkaran-lingkaran itu terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan. Garam-garam ini menumpuk dan membentuk suatu lingkaran, dengan air danau yang terlihat di bagian tengahnya. Tidak hanya satu, lingkaran garam ini pun hampir memenuhi seluruh permukaan Tasik.
Melihat keanehan tasik Kliluk, daerah ini pun mulai dipadati dengan penggunjung, traveler yang datang ke tasik ini juga punya tujuan untuk mengambil air tasik untuk pengobatan kulit. Konon, kandungan mineral yang ada di Tasik Kliluk dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

5. Tasik dengan pulau-pulau yang bergerak sendiri di India

Kalau tasik Toba di Sumatera Utara mempunyai Pulau Samosir di tengahnya, Provinsi Manipur, India juga punya tasik loktak terletak dengan gugusan pulau kecil berbentuk cincin. Anehnya, pulau-pulau ini berubah bentuk sesuai musim dan bergerak ke berbagai arah tergantung hembusan angin.

Gugusan pulau mungil yang memenuhi dua per tiga tasik ini disebut Phumdi oleh masyarakat India. Melansir situs CN Traveler, Phumdi di tasik Loktak adalah satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia. Keberadaan Phumdi juga menguntungkan bagi upaya konservasi spesies rusa langka, warga tempatan menyebutnya Sangai, yang hanya hidup di sekitar danau tersebut.
Meskipun bersifat nomaden dan boleh bergerak sendiri, bukan berarti Phumdi tak dihuni manusia. Phumdi terbesar yang bernama Khangpoks, dihuni sekitar 4.000 orang. Ada pondok-pondok kecil yang membuatnya mirip seperti pemukiman di tasik Titicaca, Peru 























Comments

  1. Assalamualaikum Tuan/Puan.

    Saya mohon maaf pada Tuan/Puan untuk boleh iklan sedikit disini, semoga kebaikan hati Tuan/Puan untuk memberi izin iklan ini, menjadi amal ibadah disisi Allah SWT hendaknya amiin….

    Salam dari Kita Holidays Travel & Tour Indonesia.
    Kalau Tuan/Puan nak melawat ke Indonesia, jangan risau hati sila hubungi :

    KITA HOLIDAYS TRAVEL & TOUR INDONESIA
    Tour operator & Travel Agency

    Sebuah serikat yang punya legalitas di Indonesia, memberikan pengkhidmatan tour ground handling di beberapa daerah yang favorit untuk di lawati. Kami arrange secara profesional dan dengan penuh rasa kekeluargaan, juga dengan harga tour yang sangat berpatutan sekali seperti ke : Padang dan Bukittinggi Tour, Aceh Tour, Medan Tour, Jakarta dan Bandung Tour, Jogjakarta Tour, Bali Muslim Tour dan sewa kenderaan.

    Contact person : Amsyahril
    Mobile : +6285263007445 ( WhatsApp )
    E-Mail : am_holidays@yahoo.com / kita_holidays@yahoo.com / kitaholidays@yahoo.com.



    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[SEJARAH] Masyarakat Serani di MELAKA

Bangsa Serani hasil dari asimilasi Askar Portugis iaitu moyang kepada moyang (10 generasi) kepada Cristiano Ronaldo dan Nani telah menceroboh dan selanjutnya menjajah tanah Melaka pada abad ke 16. Orang melayu mulanya menggelar askar penjajah tersebut benggali puteh, yang mengingatkan mereka kepada pedagang Bengal tetapi dengan kulit cerah. Kemudian, masyarakat melayu menggelar mereka serani, asalnya dari perkataan nasrani iaitu pengikut jesus. Ketika zaman penjajahan oleh tentera portugis itu, wanita-wanita portugis telah dilarang dari mengikuti ekspedisi penjelajahan pelayar dan tentera kaum lelaki mereka memandangkan kepercayaan karut marut yang tidak membenarkan kaum wanita di atas kapal. Kerajaan portugis selanjutnya telah menggalakkan pelayar, penjelajah dan tentera mereka untuk mengahwini wanita tempatan di bawah polisi di tetapkan oleh Afonso de Albuquerque, pemerintah India ketika itu. Pada tahun 1604, sebanyak lebih kurang 200 perkahwinan campur telah direkodkan k

Timer Dan Pemasanggan

PEMASANGAN TIMER (SMK2 LA5) Salam Semua.. Timer yang saya gunakan adalah berjenama HAGER EH711, 240v, 50Hz dan boleh mengawal masa selama 24jam. Cara Memasang dan Litar Pendawaian Litar pada bahagian luar timer Kaki sambungan pada bahagian dalam timer 1. Pada bahagian luar timer tersebut, tertera 5 kaki sambungan untuk timer (manual disediakan dalam kotak bila dibeli). Kegunaan kaki sambungan timer adalah seperti berikut. - Kaki 1 & Kaki 2 - untuk sambungan ke main timer (salah satu wayar hidup dan satu lagi wayar neutral) - Kaki 3 - Sambungan sedia tutup ke beban ( normally close ), kaki 3 ini di sambungkan ke beban untuk keadaan asal beban akan hidup. - Kaki 4 - Kaki sambungan utama untuk memberi kuasa kepada beban. Biasanya kaki 4 ini akan disambung dengan wayar hidup dari sambungan utama (sama ada kaki 1 atau kaki 2 yang disambungkan dengan wayar hidup) - Kaki 5 - Sambungan sedia buka ke beban (normally open), kaki 5 ini di sambungkan ke beban untuk keadaan asal beban aka

Panduan Buku Log Elektrikal

Panduan Buku Log Buku Log adalah buku catatan untuk ‘merakam’ kerja – kerja yang telah kita lakukan. Untuk memduduki ujian kompentensi PW1, PW4, AO, A4, BO, B4, kita perlu menyediakan buku log kerana ini merupakan salah satu syarat yang telah ditetapkan oleh pihak Suruhanjaya Tenaga (ST). Kolum F ( PENGAKUAN – iv ) Borang Permohonan Peperiksaan Kekompetenan elektrik ada menyebutkan perkara ini. Buku Log bukan sahaja untuk rujukan kita pada masa – masa akan datang tetapi juga untuk menunjukkan sejauh mana pengalaman dan pemahaman kita tentag kerja – kerja yang telah kita buat. Maka, setiap Buku Log perlu ditulis dengan kemas. Sebagai contoh, saya akan ulas di sini penyediaan Buku Log untuk Penjaga Jentera Elektrik. Jika anda adalah pelatih / penuntut di mana – mana pusat latihan kemahiran seperti IKM atau ILP, anda memang telah disediakan Buku Log. Bagi calon persendirian, mungkin artikel ini boleh membantu. Pada beberapa muka surat pertama, tuliskan biodata seperti N